SMP
YPS SINGKOLE
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(LESSON
PLAN)
Mata
Pelajaran
|
Kelas/Semester
|
Tahun
Pelajaran
|
Guru
Mata Pelajaran
|
||
Matematika
|
VII (Tujuh) /
(kedua)
|
2013/2014
|
Kamal Jabbar
|
||
Standard
Kompetensi :
|
|||||
3. Menggunakan
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan
perbandingan dalam pemecahan masalah
|
|||||
Kompetensi
Dasar :
|
|||||
3.4 Menggunakan
perbandingan untuk pemecahan masalah
|
|||||
Indikator :
|
|||||
Kognitif
|
Afektif –
Nilai Karakter Bangsa
|
Psikomotorik
|
|||
3.4.1
Memahami pengertian perbandingan dan menyederhanakannya.
3.4.2
Menyelesaikan
soal perbandingan senilai.
3.4.3
Menyelesaikan
soal
perbandingan berbalik nilai dan
membandingkannya dengan perbandingan
senilai
|
Berdasarkan
18 Nilai Karakter Bangsa :
¨ Religius
þ Jujur
¨ Toleransi
þ Disiplin
o Kerja
keras
þ Kreatif
þ Mandiri
¨ Demokratis
o Rasa Ingin Tahu
¨ Semangat
Kebangsaan
¨ Cinta
Tanah Air
o Menghargai
Prestasi
¨ Bersahabat/Komunikatif
¨ Cinta
Damai
¨ Gemar
Membaca
¨ Peduli
Lingkungan
¨ Peduli
Sosial
þ Tanggung
Jawab
|
3.4.1
Menggambar denah
suatu bangunan dengan menggunakan skala
|
|||
Tujuan
Pembelajaran :
|
|||||
v Melalui
demonstrasi
siswa dapat menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan dengan
tepat
v Melalui
pembimbingan terstruktur siswa
dapat mengukur jarak sebenarnya dua kota dalam peta berskala
v Melalui pemberian
contoh soal terstruktur
siswa dapat menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala
tidak tepat
v Melalui pemberian contoh terstruktur siswa dapat
menentukan perbandingan dua besaran yang sama ataupun yang berbeda satuannya
v Melalui
penjelasan siswa dapat memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan
perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)
v Melalui
pemberian contoh soal (drill) siswa dapat menyelesaikan soal yang terkait dengan
perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)
|
Materi
Pembelajaran :
|
|||||||||||||
·
Ada dua cara dalam membandingkan dua besaran sebagai berikut
a.
Dengan mencari selisih
b.
Dengan mencari hasil bagi
·
Menyederhanakan perbandingan hanya dapat dilakukan pada dua besaran yang
sejenis
·
Skala adalah perbandingan antara jarak pada gambar dengan jarak
sebenarnya
·
Pada gambar berskala selalu berlaku hal berikut
a.
Mengubah ukuran tetapi tidak mengubah bentuk
b.
Ukuran dapat diperbesar atau diperkecil
·
Pada perbandingan senilai, nilai suatu barang akan naik/turun sejalan
dengan nilai barang yang dibandingkan.grafik perbandingan berbalik nilai berupa kurva mulus
·
Perbandingan antara dua besaran dapat dinyatakan dengan tabel sebagai
berikut
|
|||||||||||||
Pemahaman
Hakiki :
|
|||||||||||||
Ø
Dengan perbandingan kita dapat menakar bahan-bahan yang tepat untuk
meracik resep membuat kue atau makanan, menggambar bangunan, dan membuat
model-model suatu benda (maket), lukisan/foto, dan sebagainya
Ø
Skala menunjukkan faktor skala perbesaran atau perkecilan suatu gambar
|
|||||||||||||
Pertanyaan
Inti
|
|||||||||||||
1.
Bagaimana menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala?
2.
Bagaimana menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala?
|
|||||||||||||
Alokasi Waktu :
|
|||||||||||||
8 x 40 menit ( 4
x pertemuan )
|
|||||||||||||
Fasilitas Belajar
|
Sumber
Belajar / Referensi
|
||||||||||||
- Komputer/laptop
- Alat
peraga (grafik harga pembelian terhadap penjualan, grafik perbandingan senilai & berbalik nilai)
- Model
uang-uangan
- Peta/gambar
berskala/model berskala (maket)
- Kertas berpetak
dan gunting
- Benang jahit dan mistar
-
In Focus
|
-
Dewi Nuharini. 2008. Matematika konsep
dan aplikasinya. Jakarta: Pusat
perbukuan Depdiknas. hal 147-162
-
Junaedi Syamsul dkk.2004.Matematika
SMP untuk kelas VII. Surabaya: Esis Erlangga. hal
151 –165
|
||||||||||||
Taksonomi
Anderson
|
Kecerdasan
Majemuk
|
Gaya
Belajar
|
|||||||||||
¨ Mengingat
þ Memahami
þ Aplikasi
þ Menganalisa
o Mengevaluasi
o Mencipta
|
þ Logis
¨ Linguistik
o Kinestetik
¨ Intrapersonal
þ Antarpersonal
¨ Musik
o Visual
¨ Natural
|
þ Visual
¨ Auditori
o Kinestetis
¨ Alfaktori
¨ Gustatori
|
|||||||||||
Pendekatan/Model/Metode/Strategi
Pembelajaran :
|
|||||||||||||
Pendekatan : Realistic Mathematics
Education (RME)
Model : Pengajaran langsung dan kooperatif learning
Metode : Tanya jawab, simulasi, penugasan, diskusi,
demonstrasi
|
|||||||||||||
Kegiatan
Belajar Mengajar :
|
|||||||||||||
Pertemuan I
|
|||||||||||||
Pendahuluan
|
|||||||||||||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
|||||||||||
·
Mengecek kesiapan siswa
belajar, berdoa, dan mengabsen
·
Mengajukan pertanyaan
untuk mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
·
Memberikan motivasi,
menyampaikan tujuan pembelajaran dan penilaian
|
·
Mempersiapkan diri baik fisik
maupun psikis dan berdoa
·
Menjawab pertanyaan guru
terkait materi sebelumnya
·
Menyimak penyampaian
materi pelajaran dan uraian kegiatan
·
Menyimak tujuan pembelajaran dan penilaian yang dilakukan
|
3 menit
2 menit
2 menit
3 menit
|
|||||||||||
Kegiatan
Inti
|
|||||||||||||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
|||||||||||
·
Melakukan tanya jawab
masalah sehari-hari yang terkait dengan perbandingan atau skala
·
Mendemonstrasikan
informasi terkait dengan perbandingan dua atau lebih besaran yang berbeda
atau sama satuannya
·
Membimbing pelatihan
menentukan perbandingan dua besaran atau lebih yang berbeda atau sama
satuannya
·
Dengan tanya jawab
mengarahkan siswa memahami skala suatu gambar
·
Mendemonstrasikan
keterampilan mengukur jarak sebenarnya dua kota dalam peta/atlas berskala
·
Membimbing pelatihan
mengukur jarak sebenarnya dua kota dalam peta/atlas berskala
·
Mendemonstrasikan
informasi menentukan skala atau jarak pada peta dua kota dalam peta/atlas
·
Memberikan kesempatan ke
siswa untuk bertanya
·
Memberikan soal yang harus
diselesaikan secara mandiri
|
·
Menjawab pertanyaan guru
atau teman
·
Menyimak informasi dari
guru
·
Berlatih menentukan nilai
perbandingan dua atau lebih besaran yang sama atau berbeda satuannya
·
Memaknai pengertian skala
suatu gambar
·
Menyimak penjelasan guru
·
Mengukur jarak sebenarnya
dua kota dalam peta/atlas berskala dengan menggunakan benang dan penggaris
·
Berlatih menentukan skala
peta atau jarak dua kota dalam peta bila jarak sebenarnya diketahui
·
Menanyakan hal-hal yang
belum dipahami
·
Menyelesaikan soal secara
mandiri
|
3
menit
5
menit
5 menit
2 menit
10
menit
10 menit
10 menit
2 menit
13 menit
|
|||||||||||
Penutup
|
|||||||||||||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
|||||||||||
·
Melakukan penilaian terhadap
proses pembelajaran
·
Refleksi guru
·
Bersama dengan siswa
membuat kesimpulan pelajaran
·
Menyampaikan materi
selanjutnya
|
·
Mengumpulkan tugas mandiri
·
Refleksi siswa
·
Membuat kesimpulan
pelajaran
·
Mengakhiri pelajaran
dengan salam dan berdoa
|
3 menit
3 menit
3 menit
1 menit
|
|||||||||||
Pertemuan II
|
|||||||||||||
Pendahuluan
|
|||||||||||||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
|||||||||||
·
Mengecek kesiapan siswa
belajar, berdoa, dan mengabsen
·
Mengajukan pertanyaan
untuk mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
·
Memberikan motivasi,
menyampaikan tujuan pembelajaran dan penilaian
|
·
Mempersiapkan diri baik
fisik maupun psikis dan berdoa
·
Menjawab pertanyaan guru
terkait materi sebelumnya
·
Menyimak penyampaian
materi pelajaran dan uraian kegiatan
·
Menyimak tujuan pembelajaran dan penilaian yang dilakukan
|
3 menit
2 menit
3 menit
2 menit
|
|||||||||||
Kegiatan
Inti
|
|||||||||||||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
|||||||||||
·
Dengan tanya jawab memfasilitasi
siswa memahami perbandingan senilai dan perbandingan bebalik nilai melalui
contoh dalam kehidupan sehari-hari
·
Memfasilitasi siswa
melakukan simulasi untuk memaknai perbandingan senilai dan perbandingan
berbalik nilai
·
Mendemonstrasikan
informasi tentang menentukan perbandingan
senilai dan perbandingan berbalik nilai
·
Membimbing pelatihan cara
menentukan perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nlai
·
Memberi kesempatan ke
siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami
·
Memberikan latihan mandiri
(soal buatan guru)
·
Memberikan reward bagi
siswa yang berhasil
|
·
Menjawab pertanyaan guru
dan memberikan contoh perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
·
Melakukan simulasi tentang
perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
·
Menyimak penjelasan guru
dan menanggapinya bila belum dipahami
·
Berlatih menyelesaikan
soal buatan guru
·
Melakukan tanya jawab
·
Menyelesaikan soal secara
mandiri
·
Menerima reward bagi yang
berhasil
|
5 menit
10 menit
10
menit
10
menit
5 menit
17 menit
3 menit
|
|||||||||||
Penutup
|
|||||||||||||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
|||||||||||
·
Melakukan penilaian terhadap
proses pembelajaran
·
Refleksi guru
·
Bersama dengan siswa
membuat kesimpulan pelajaran
·
Menyampaikan materi
selanjutnya
|
·
Mengumpulkan tugas mandiri
·
Refleksi siswa
·
Membuat kesimpulan
pelajaran
·
Mengakhiri pelajaran
dengan salam dan berdoa
|
3 menit
3 menit
3 menit
1 menit
|
|||||||||||
Pertemuan III
|
|||||||||||||
Pendahuluan
|
|||||||||||||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
|||||||||||
·
Mengecek kesiapan siswa
belajar, berdoa, dan mengabsen
·
Mengajukan pertanyaan
untuk mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
·
Memberikan motivasi,
menyampaikan tujuan pembelajaran dan penilaian
|
·
Mempersiapkan diri baik
fisik maupun psikis dan berdoa
·
Menjawab pertanyaan guru
terkait materi sebelumnya
·
Menyimak penyampaian
materi pelajaran dan uraian kegiatan
·
Menyimak tujuan pembelajaran dan penilaian yang dilakukan
|
3 menit
2 menit
3 menit
2 menit
|
|||||||||||
Kegiatan
Inti
|
|||||||||||||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Kegiatan Guru
|
|||||||||||
·
Menyajikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai dalam
bentuk grafik
·
Menggambarkan masalah
perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai dalam bentuk grafik
·
Memfasilitasi siswa
memahami masalah perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai dalam
bentuk grafik
·
Membimbing pelatihan
menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
dalam bentuk grafik
·
Menyelesaikan masalah/soal
perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai dalam bentuk grafik
secara mandiri
·
Memberikan reward bagi
siswa yang berhasil
|
·
Menyimak
penjelasan guru secara cermat
·
Menggambar grafik
pebandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
·
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai dalam
bentuk grafik
·
Berlatih menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan perbandingan berbalik
nilai dalam bentuk grafik
·
Menyelesaikan soal/masalah
secara mandiri
·
Menerima reward bagi yang
berhasil
|
10
menit
10 menit
10 menit
10
menit
17 menit
3 menit
|
|||||||||||
Penutup
|
|||||||||||||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi waktu
|
|||||||||||
·
Melakukan penilaian terhadap
proses pembelajaran
·
Refleksi guru
·
Bersama dengan siswa
membuat kesimpulan pelajaran
·
Menyampaikan materi
selanjutnya
|
·
Mengumpulkan tugas mandiri
·
Refleksi siswa
·
Membuat kesimpulan
pelajaran
·
Mengakhiri pelajaran
dengan salam dan berdoa
|
3 menit
3 menit
3 menit
1 menit
|
Penilaian :
|
||
þ Latihan uji kompetensi pada buku paket siswa/soal buatan guru
¨
Ulangan harian
þ PR pada buku paket siswa
þ Penilaian
afektif berdasarkan rubrik
þ Penilaian
psikomotor berdasarkan rubrik
|
||
Catatan Guru
untuk Perbaikan Pembelajaran Berikut :
|
||
Pengesahan: Soroako, 20
Januari 2014
|
||
Dibuat oleh :
Guru Bidang Studi,
|
Diperiksa oleh :
Wakasek Kurikulum
|
Disahkan oleh :
Kepala Sekolah,
|
Kamal jabbar
YPS-262
|
Jeffry K. Tumakaka
YPS-257
|
Mintje L. Manenggek
YPS-227
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar